Rabu, 21 September 2016

Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Berbagai Jenis Teks dalam Satu Tema Tugas 1 Menghadapi Teks Eksplanasi dari Dua Sisi


Kegiatan 2
Kerja Sama Membangun Berbagai enis Teks dalam Satu Tema
Tugas 1
Menghadapi Teks Eksplanasi dari Dua Sisi

2.       Setiap hal di dunia ini bermanfaat bagi manusia dan lingkungan jika manusia bisa mengambil manfaat dengan cara yang benar. Seperti yang dilakukan dua siswa di Kayen tersebut, limbah abu cangkang kapuk yang semula dibuang begitu saja, setelah diteliti ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pembunuh jamur pada tanaman cabai.


Kalian pun dapat melakukan inovasi yang serupa dengan bahan dari limbah yang lain untuk manfaat yang lain. Banyak temuan dari siswa SMA yang tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya, tetapi juga bermanfaat bsgi penemu sendiri semisal bisa mendapat penghargaan dan pengakuan tingkat nasional serta internasional.
Coba kalian baca teks tersebut sekali lagi. Pada paragraf ke berapa yang menjadi asal musabab dilakukannnya penelitian terhadap abu cangkang kapuk?
Jawab :
Di mulai dari paragraf dua.
Aprillyani dan Ika berasumsi, abu kulit kapuk dapat membunuh jamur dan jika digunakan berlebihan menyebabkan tanaman mati. Untuk memudahkan penelitian, abu kapuk diekstraksi. Abu yang sudah diayak dilarutkan dalam air dengan rasio 1:2. Larutan dipanaskan hingga 60 derajat Celcius. Setelah larut, cairan disaring dengan kertas saring. Abu yang telah diekstraksi sehingga menjadi kristal itu disebut soda-Q.
3.       Bagaimana pendapat kalian tentang penelitian yang dilakukan teman kalian pada teks tersebut ?
Jawab :
Penelitian tersebut sangat luar biasa, zaman sekarang banyak generasi muda yang sidah tidak perduli lagi dengan lingkungan sementara Aprilliyani Sofa Marwaningtyaz dan Ika Puji Anggraeni siswa kelas XII, jurusan IPA, SMA PGRI 2 Kayen masih perduli terhadap lingkungan dengan menciptakan sebuah inovasi baru yaitu biofungisida dari cangkang kapuk. Inovasi ini selain ramah lingkungan juga ramah kantung bagi penggunanya.
5.       Teks yang berjudul “Siswa SMAN 10 Malang Ciptakan Reaktor Multifungsi” merupakan jenis teks yang berisi gabungan dari beberapa teks sekaligus, yakni eksplanasi, cerita ulang, dan prosedur.
Dari teks eksplanasi, kalian bisa menemukan urutan sebab-akibat mengapa siswa tersebut mendapatkan medali perunggu dan special award. Dari teks cerita ulang, kalian bisa menemukan urutan peristiwa dari awal mereka melakukan penelitian hingga meraih medali perunggu dan spesial award. Dari teks prosedur, kalian bisa menemukan langkah-langkah dalam melakukan penelitian untuk menciptakan reaktor multifungsi.
6.        Setelah membaca teks tersebut, dapatkah kalian menarik kesimpulan bahwa sebuah tema bisa menggunakan beberapa jenis teks yang berbeda?
Jawab :
Ya, kami dapat menarik kesimpulan bahwa sebuah tema bisa menggunakan beberapa jenis teks yang berbeda.
Tema yang diterapkan pada teks siswa SMAN 10 Malang ciptakan reaktor multifungsi adalah Inovasi generasi muda. Dari teks tersebut kita dapat merubahnya menjadi teks eksplanasi yang memberikan pernyataan umum dan sebab akibat. Teks ceita ulang yang menyuguhkan orientasi sebagai gambaran umum, urutan peristiwa sebagai alur dari peristiwa yang berlangsung dan diakhiri dngan reorientasi atau penutup masalah. Selanjutnya teks prosedur, teks yang menjabarkan tujuan dan langkah-langkah dari penciptaan rekator multifungsi.
7.        Bacalah teks tersebut sekali lagi, lalu dekonstruksi menjadi tiga jenis teks yang berbeda. Isilah bagian yang rumpang berikut ini sehingga menjadi satu teks yang utuh. Lakukan tugas ini bersama teman-teman kalian.
Jawab :
a) Eksplanasi
Siswa SMAN 10 Malang Ciptakan Reaktor Multifungsi
Pernyataan Umum
Edwin Luthfi Saputra dan Steavanny adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang. Mereka berhasil menyabet special award dan medali perunggu dalam International High School Environment Project Olympiad di Oswego, New York, Amerika Serikat. Mereka mendapat penghargaan ini karena menemukan reakto rmultifungsi bernama B Interconnected Reactor.
Urutan Sebab-Akibat 1
Mereka mengubah baterai bekas menjadi kristal mineral yang berguna untuk pupuk, suplemen makanan ternak, dan penjernih air. Peralatan yang dirancang selama lima bulan ini menarik perhatian dewan juri, karena seluruh proses tanpa menggunakan bahan bakar fosil.
Urutan Sebab-Akibat 2
Mereka menciptakan sebuah reaktor kedap udara yang terbuat dari tabung plastik berdiameter sekitar 20 sentimeter, pompa, manometer, empat tabung kaca, dan gelas plastik. Peralatan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp200 ribu. “Alat ada di sekitar kita, mudah, dan murah,” kata Edwin.
Urutan Sebab-Akibat 3
Proses kerja alat itu adalah komponen baterai zink sulfat yang dimasukkan di dalam tabung bereaksi dengan asam hingga menghasilkan kristal mineral dan hidrogen. Setiap 120 mililiter asam menghasilkan hidrogen yang cukup untuk proses selama 10 menit. Hidrogen yang dihasilkan digunakan untuk proses lanjutan berupa pemanasan yang menghasilkan Kristal dari tabung gelas.
“Sehingga bahan bakar diproduksi oleh sistem reaktor ini,” kata Steavanny.
Urutan Sebab-Akibat 4
Kristal mineral yang dihasilkan telah diuji coba untuk pupuk tanaman. Hasilnya, pertumbuhan tanaman lebih cepat. Alat ini juga dikembangkan untuk penjernih air. Kotoran terikat dan mengendap di bawah permukaan air. Selain itu, fungsi sebagai suplemen makanan ternak juga menunjukkan hasil, kotoran ternak memiliki kandungan gas metana yang rendah, sehingga tak merusak lapisan ozon.
Urutan Sebab-Akibat 5
Keikutsertaan kedua siswa ini diawali dari Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2012. Dengan temuan peralatan ini, mereka meraih juara dua dan berhak mengikuti lomba Internasional High School Environment Project Olympiad. Steavanny berharap, peralatan ini dikembangkan menjadi produk skala besar. “Demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.
b) Cerita ulang Siswa
SMAN 10 Malang Ciptakan Reaktor Multifungsi
Orientasi
Dua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Malang berhasil menyabet special award dan medali perunggu dalam International High School Environment Project Olympiad di Oswego, New York, Amerika Serikat. Penghargaan ini diberikan kepada Edwin Luthfi Saputra dan Steavanny atas penemuan reaktor multifungsi bernama B Interconnected Reactor.
Urutan Peristiwa
“Hanya kita dan Hongkong yang meraih special award,” kata Edwin pada Tempo, Senin, 8 Juli 2013. Mereka bersaing dengan 325 peserta dari 58 negara. Baterai bekas diubah menjadi kristal mineral yang berguna untuk pupuk, suplemen makanan ternak, dan penjernih air. Peralatan yang dirancang selama lima bulan ini menarik perhatian dewan juri, karena seluruh proses tanpa menggunakan bahan bakar fosil.
Mereka menciptakan sebuah reaktor kedap udara yang terbuat dari tabung plastik berdiameter sekitar 20 sentimeter, pompa, manometer, empat tabung kaca, dan gelas plastik. Peralatan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp200 ribu. “Alat ada di sekitar kita, mudah, dan murah,” kata Edwin.
Proses kerja alat itu adalah komponen baterai zink sulfat yang dimasukkan di dalam tabung bereaksi dengan asam hingga menghasilkan kristal mineral dan hidrogen. Setiap 120 mililiter asam menghasilkan hidrogen yang cukup untuk proses selama 10 menit. Hidrogen yang dihasilkan digunakan untuk proses lanjutan berupa pemanasan yang menghasilkan kristal dari tabung gelas.
“Sehingga bahan bakar diproduksi oleh sistem reaktor ini,” kata Steavanny.
Kristal mineral yang dihasilkan telah diuji coba untuk pupuk tanaman. Hasilnya, pertumbuhan tanaman lebih cepat. Alat ini juga dikembangkan. untuk penjernih air. Kotoran terikat dan mengendap di bawah permukaan air. Selain itu, fungsi sebagai suplemen makanan ternak juga menunjukkan hasil, kotoran ternak memiliki kandungan gas metana yang rendah, sehingga tak merusak lapisan ozon.
Reorientasi
Keikutsertaan kedua siswa ini diawali dari Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2012. Dengan temuan peralatan ini, mereka meraih juara dua dan berhak mengikuti lomba Internasional High School Environment Project Olympiad. Steavanny berharap, peralatan ini dikembangkan menjadi produk skala besar. “Demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,”
c) Prosedur
Siswa SMAN 10 Malang Ciptakan Reaktor Multifungsi
Tujuan
Edwin Luthfi Saputra dan Steavanny menemukan reaktor multifungsi bernama B Interconnected Reactor. Untuk menemukan reactor multifungsi ini, mereka melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Langkah-Langkah
Pertama, mereka menyiapkan baterai bekas, tabung plastik berdiameter sekitar 20 sentimeter, pompa, manometer, empat tabung kaca, dan gelas plastik.
Kedua, mereka mengubah baterai bekas menjadi kristal mineral yang berguna untuk pupuk, suplemen makanan ternak, dan penjernih air.
Selanjutnya, Mereka menciptakan sebuah reaktor kedap udara yang cara kerjanya adalah komponen baterai zink sulfat yang dimasukkan di dalam tabung bereaksi dengan asam hingga menghasilkan kristal mineral dan hidrogen. Setiap 120 mililiter asam menghasilkan hidrogen yang cukup untuk proses selama 10 menit. Hidrogen yang dihasilkan digunakan untuk proses lanjutan berupa pemanasan yang menghasilkan kristal dari tabung gelas. Kristal mineral yang dihasilkan telah diuji coba untuk pupuk tanaman. Hasilnya, pertumbuhan tanaman lebih cepat. Alat ini juga dikembangkan untuk penjernih air. Kotoran terikat dan mengendap di bawah permukaan air. Selain itu, fungsi sebagai suplemen makanan ternak juga menunjukkan hasil, kotoran ternak memiliki kandungan gas metana yang rendah, sehingga tak merusak lapisan ozon.


1 komentar:

  1. Bosan dengan game yang tidak jelas? Dan Ingin game yang menarik ? silahkan kunjungi saja web kami di s1288poker terbaik, tercepat, teraman & terpercaya kami disini juga menyediakan berbagai game judi online yang tidak kalah serunya seperti Poker, Domino, Capsa , Ceme, ceme keliling dan live poker serta anda juga akan di temanin oleh CS kami yang ramah dan online 24jam . . . (WA : 081910053031)

    BalasHapus